Admin Panel

| New | Edit | Settings | Layout | HTML | Comments | Dashboard | LogOut |

Sebelum komputer terserang virus sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

1. Backup registry anda pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan keperluan anda.
Misalnya sebelum anda ber-internet ria atau mencoba-coba freeware baru ke dalam computer anda. Hal ini bermanfaat untuk mengembalikan settingan registry anda seperti semula sebelum termodifikasi oleh serangan virus maupun software/ freeware yang anda install ke dalam computer. Karena tidak semua antivirus menyediakan fasilitas registry restore tersebut, hanya beberapa antivirus saja yang menyediakannya. Sekarang ini sudah banyak virus yang mampu berjalan dalam setting safemode, jadi meskipun menggunakan system restore windowsxp virus tetap saja ada/ tidak hilang. Dan untuk membackup registry, anda bisa menggunakan tools yang sudah banyak tersedia di Internet seperti WinXP Manager, Tune Up Utility, Registry Mechanic dan lain-lain..

2. Gunakanlah aplikasi/ program yang bisa mengontrol service windows anda.
Contohnya program proceXp yang bisa didapatkan dari situs www.sysinternals.com atau program yang bisa mengontrol proses startup seperti program autoruns, yang juda bias anda dapatkan dari website yang sama. Karena apabila virus telah aktif di pc anda maka kebanyakan service-service utama windows akan di hidden atau diblock oleh virus tersebut sehingga anda tidak bisa mengaksesnya, seperti task manager, folder options, msconfig, sysedit dll. Untuk itu anda memerlukan tools untuk bisa mengakses service-service windows tersebut sehingga anda bisa mematikan ataupun mendisable startup yang diciptakan oleh virus melalui program2 tersebut.

3. Sebaiknya anda mendisable fasilitas autoruns untuk media portable anda.
Karena saat ini kebanyakan virus memanfaatkan fasilitas autoruns ini dan menyebar melalui media portable seperti flashdik, kamera digital, hp, mp4 player, dan lain-lain. Sehingga dengan mendisable fasilitas autoruns sedikit banyak anda akan terhindar dari virus yang sifatnya autoruns.. Ini berguna bagi anda yang tidak memasang antivirus secara aktif di PC seperti halnya saya dan hanya menggunakannya jika diperlukan. Sebagai pertimbangan karena apabila dipasang antivirus secara aktif tentu resiko perfoma system kita akan menjadi berkurang/ lambat karena setiap aktivitas kita akan discan (dikontrol) oleh antivirus tersebut. Iya kalau komputer yang kita punyai termasuk komputer yang perfomanya cepat dan bagus tentu pengunaan antivirus secara real-time tidak menjadi masalah, akan tetapi apabila komputer yang kita pakai sekelas Pentium III atau bahkan dibawahnya, bisa dibayangkan betapa lambatnya system kita dibuatnya. Untuk mendisable autoruns anda bisa menggunakan program seperti tweakui atau yang lainnya.

4. Sebisa mungkin anda kenali file-file system windows ataupun program yang sering anda gunakan.
Ini bisa anda lakukan dengan cara melihatnya melaui task manager maupun tools lain seperti proceXP. Lakukan hal ini sejalan dengan kebiasaan anda menggunakan komputer sehari-hari sehingga lambat laun sedikit demi sedikit anda bisa mengenalii file-file utama windows beserta fungsinya. Ini akan sangat bermanfaat karena apabila ada keganjilan program yang berjalan atau aktif di memory maka anda akan segera mengetahuinya dan segera mengambil tindakan untuk hal tersebut baik itu mematikannya maupun mendelete sourcenya. Belajar 10 menit tiap anda menggunakan komputer sudah bagus.

5. Apabila virus aktif sebisa mungkin hindari pengaksesan folder di pc anda.
Hal ini dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya virus yang menular pada file-file di pc anda terutama untuk virus yang sifatnya worm. Karena sifat worm ini berjalan secara otomatis tanpa ada interferensi dari anda, hanya perlu sekali klik maka akan langsung menyebar. Semakin lama dan banyak yang file yang anda akses maka worm/ virus ini akan semakin menyebar dan manggadakan dirinya.

6. Matikan segera apabila ada program/ virus asing yang sifatnya autorun.
Hal ini kebanyakan berasal dari file yang sifatnya hidden yang diciptakan virus pada flashdisk anda sehingga pada saat anda menghubungkannya ke PC anda maka secara otomatis akan langsung jalan/ autoruns. Kemudian tentu saja system anda akan segera terinfeksi, dan lebih fatal lagi kalau anda tidak menyadari bahwa ternyata drive data anda sudah terformat, maka habislah data penting anda. Kasus seperti ini pernah terjadi pada penulis. Virus mengelabui dengan cara / dalih untuk memperbaiki system kita dengan memformat drive c (padahal system aktif, yang tentu saja tidak mungkin) tetapi ternyata yang diformat adalah drive lain (d,e,f dst). Ada baiknya apabila anda mengaktifkan show hidden files and folder termasuk protected file system pada folder options sehingga anda bisa melihat semua file yang biasanya di hidden oleh virus.

7. Lakukan backup data penting anda secara berkala.
Ini untuk menghindari apabila virus benar-benar canggih dan kita belum menemukan antivirusnya dalam jangka waktu tertentu padahal kita sedang membutuhkan pc kita untuk bekerja, sehingga tidak ada jalan lain kecuali menformat hardisk kita. Bayangkan apabila itu merupakan data desertasi ataupun thesis dan anda belum pernah membackupnya, berapa kerugian yang harus kita tanggung?. Ini pernah terjadi pada kawan penulis tetapi untung saja data-data tersebut masih bisa diselamatkan dengan mencoba berbagai cara. Dengan begitu apabila kita menemui kondisi seperti di atas maka kita masih bisa tertolong dengan adanya backup data.

Itu dulu tips yang bisa saya berikan semoga bisa bermanfaat
Wassalam.

Download pdf file Tips Mencegah Serangan Virus

0 comments:

Post a Comment

Silahkan temen-temen tuliskan komentar disini.

Newer Post Older Post Home

Related Articles


Related Article Widget by Hoctro